Tutorial Membuat Objek Titik pada Dev C++ OpenGL

Tutorial tentang bagaimana cara membuat objek titik pada Dev C++ OpenGL..
Langkah-langkahnya sebagai berikut:

  • Klik File > New > Project > OK

Setelah New Project akan tampil jenis lembar kerja yang akan digunakan, 
  • New Project, klik Console Application > OK



  • Save Project, klik Save



  • Klik kanan pada Bar Project, lalu pilih Project Options

  • Pada Project Options, klik Parameters > Linker
Pada Box Linker ketik :
-lopengl32 
-lfreeglut 
-lglu32
lalu klik lah OK



  • Kosongkan script dan Ganti menjadi script di bawah ini :


    1.         #include <GL/glut.h> 
    2.         #include <GL/gl.h> il
    3.         #include <windows.h>

    4.         void userdraw () {

    5.       glBegin (GL_POINTS); 
    6.      glVertex2i (150,0); 
    7.      glVertex2i (150,200); 
    8.      glVertex2i (370,200);

    9.         glEnd ();
    10.         }

    11.         void display (void) {
    12.              glClear (GL_COLOR_BUFFER_BIT);
    13.              userdraw ();
    14.                 glutSwapBuffers ();
    15.         }
    16.         int main (int argc, char **argv) {
    17.         glutInit (&argc,argv);
    18.         glutInitDisplayMode (GLUT_DOUBLE|GLUT_RGB); 
    19.         glutInitWindowSize (640,480);
    20.         glutCreateWindow ("Membuat Objek Titik PUTRI PRATIWI");
    21.         glClearColor (0.0, 0.0, 0.0, 0.0);
    22.         gluOrtho2D (0.,640.,-240.,240.);
    23.         glutIdleFunc (display); 
    24.         glutDisplayFunc (display);
    25.         glutMainLoop (); 
    26.         return 0;
    27.         }

    • Setelah Script Diketikkan, muncul seperti ini :




    • Compile dan Run (Execute, Compile & Run) dan output akan muncul seperti ini :

    SEKIAN DAN TERIMAH KASIH

    Komentar

    Postingan Populer