Modul 4 (Evaluasi Bangun-bangun Dasar Grafik)
Saya akan mengevaluasi dan tampilkan output lima gambar digambar dibawah ini.
1. Satu gambar segitiga.
2. Dua gambar segitiga dan dua gambar ketupat.
3. Tiga gambar segitiga.
4. Empat gambar ketupat.
5. Empat gambar segitiga.
Script
1. Satu gambar segitiga.
a. Untuk cara pembuatan project bisa dilihat di Modul 3 (Bangun-Bangun Dasar Grafik)
b. lalu masukkan script berikut ke project :
c. Jalankan Project dengan cara Execute>Compile & Run, hasilnya akan menjadi seperti ini :
b. Lalu jalankan Project dengan cara Execute>Compile & Run, maka hasilnya akan menjadi seperti ini :
b. Lalu jalankan Project dengan cara Execute>Compile & Run, maka hasilnya akan menjadi seperti ini :
b. Lalu jalankan Project dengan cara Execute>Compile & Run, maka hasilnya akan menjadi seperti ini :
b. Lalu jalankan Project dengan cara Execute>Compile & Run, maka hasilnya akan menjadi seperti ini :
1. Satu gambar segitiga.
2. Dua gambar segitiga dan dua gambar ketupat.
3. Tiga gambar segitiga.
4. Empat gambar ketupat.
5. Empat gambar segitiga.
Script
1. Satu gambar segitiga.
a. Untuk cara pembuatan project bisa dilihat di Modul 3 (Bangun-Bangun Dasar Grafik)
b. lalu masukkan script berikut ke project :
- #include <GL/glut.h>
- #include <windows.h>
- #include <GL/gl.h>
- void init (void) {
- glClearColor (1.0, 1.0, 1.0, 0.0);
- glLineWidth (1.0);
- glColor3f (1.0, 0.0, 0.0);
- glOrtho (-6,6, -6,6, -6,6);
- }
- void Display (void) {
- glClear (GL_COLOR_BUFFER_BIT);
- glBegin (GL_LINES);
- glVertex2f (-5.5, 0.0);
- glColor3f (1.0, 0.0, 0.0);
- glVertex2f (5.5, 0.0);
- glEnd ();
- glBegin (GL_LINES);
- glVertex2f (0.0, -5.5);
- glColor3f (1.0, 0.0, 0.0);
- glVertex2f (0.0, 5.5);
- glEnd ();
- glBegin (GL_TRIANGLES);
- glColor3f (0.0, 0.0, 0.0);
- glVertex2f (1.0, 1.0);
- glColor3f (0.0, 0.0, 0.0);
- glVertex2f (4.0, 1.0);
- glColor3f (0.0, 1.0, 0.0);
- glVertex2f (1.0, 5.0);
- glEnd ();
- glutSwapBuffers ();
- }
- int main (int argc, char** argv) {
- glutInit (&argc, argv);
- glutInitDisplayMode (GLUT_DOUBLE | GLUT_RGB);
- glutInitWindowPosition (0, 0);
- glutInitWindowSize (1500, 1500);
- glutCreateWindow ("bangun dasar grafik");
- init ();
- glutDisplayFunc (Display);
- glutMainLoop ();
- return 0;
- }
c. Jalankan Project dengan cara Execute>Compile & Run, hasilnya akan menjadi seperti ini :
2. Dua gambar segitiga dan dua gambar ketupat.
a. Lakukan sama dengan cara diatas lalu masukkan script berikut :
- #include <GL/glut.h>
- #include <windows.h>
- #include <GL/gl.h>
- void init (void) {
- glClearColor (1.0, 1.0, 1.0, 0.0);
- glLineWidth (1.0);
- glColor3f (1.0, 0.0, 0.0);
- glOrtho (-6,6, -6,6, -6,6);
- }
- void Display (void) {
- glClear (GL_COLOR_BUFFER_BIT);
- glBegin (GL_LINES);
- glVertex2f (-5.5, 0.0);
- glColor3f (1.0, 0.0, 0.0);
- glVertex2f (5.5, 0.0);
- glEnd ();
- glBegin (GL_LINES);
- glVertex2f (0.0, -5.5);
- glColor3f (1.0, 0.0, 0.0);
- glVertex2f (0.0, 5.5);
- glEnd ();
- glBegin (GL_TRIANGLES);
- glColor3f (1.0, 0.0, 0.0);
- glVertex2f (1.0, 1.0);
- glColor3f (0.0, 0.0, 1.0);
- glVertex2f (4.0, 1.0);
- glColor3f (0.0, 1.0, 0.0);
- glVertex2f (1.0, 5.0);
- glEnd ();
- glBegin (GL_POLYGON);
- glColor3f (0.0, 1.0, 0.0);
- glVertex2f (-2.0, -1.0);
- glColor3f (0.0, 0.0, 1.0);
- glVertex2f (-3.0, -3.0);
- glColor3f (1.0, 0.0, 0.0);
- glVertex2f (-2.0, -5.0);
- glColor3f (0.0, 0.0, 1.0);
- glVertex2f (-1.0, -3.0);
- glEnd ();
- glBegin (GL_POLYGON);
- glColor3f (1.0, 1.0, 0.0);
- glVertex2f (2.0, -1.0);
- glColor3f (1.0, 0.43, 0.78);
- glVertex2f (1.0, -3.0);
- glColor3f (0.0, 1.0, 1.0);
- glVertex2f (2.0, -5.0);
- glColor3f (1.0, 0.43, 0.78);
- glVertex2f (3.0, -3.0);
- glEnd ();
- glBegin (GL_TRIANGLES);
- glColor3f (0.0, 1.0, 1.0);
- glVertex2f (-1.0, 1.0);
- glColor3f (1.0, 0.43, 0.78);
- glVertex2f (-4.0, 1.0);
- glColor3f (1.0, 1.0, 0.0);
- glVertex2f (-1.0, 5.0);
- glEnd ();
- glutSwapBuffers ();
- }
- int main (int argc, char** argv) {
- glutInit (&argc, argv);
- glutInitDisplayMode (GLUT_DOUBLE | GLUT_RGB);
- glutInitWindowPosition (0, 0);
- glutInitWindowSize (1500, 1500);
- glutCreateWindow ("bangun dasar grafik");
- init ();
- glutDisplayFunc (Display);
- glutMainLoop ();
- return 0;
- }
b. Lalu jalankan Project dengan cara Execute>Compile & Run, maka hasilnya akan menjadi seperti ini :
3. Tiga gambar segitiga.
a. Lakukan sama dengan cara diatas lalu masukkan script berikut :
- #include <GL/glut.h>
- #include <windows.h>
- #include <GL/gl.h>
- void init (void) {
- glClearColor (1.0, 1.0, 1.0, 0.0);
- glLineWidth (1.0);
- glColor3f (1.0, 0.0, 0.0);
- glOrtho (-6,6, -6,6, -6,6);
- }
- void Display (void) {
- glClear (GL_COLOR_BUFFER_BIT);
- glBegin (GL_LINES);
- glVertex2f (-5.5, 0.0);
- glColor3f (1.0, 0.0, 0.0);
- glVertex2f (5.5, 0.0);
- glEnd ();
- glBegin (GL_LINES);
- glVertex2f (0.0, -5.5);
- glColor3f (1.0, 0.0, 0.0);
- glVertex2f (0.0, 5.5);
- glEnd ();
- glBegin (GL_TRIANGLES);
- glColor3f (1.0, 0.0, 0.0);
- glVertex2f (1.0, 1.0);
- glColor3f (0.0, 0.0, 1.0);
- glVertex2f (5.0, 1.0);
- glColor3f (0.0, 1.0, 0.0);
- glVertex2f (3.0, 5.0);
- glEnd ();
- glBegin (GL_TRIANGLES);
- glColor3f (1.0, 0.43, 0.78);
- glVertex2f (-1.0, 1.0);
- glColor3f (0.0, 1.0, 1.0);
- glVertex2f (-5.0, 1.0);
- glColor3f (1.0, 1.0, 0.0);
- glVertex2f (-3.0, 5.0);
- glEnd ();
- glBegin (GL_TRIANGLES);
- glColor3f (1.0, 0.43, 0.78);
- glVertex2f (2.0, -1.0);
- glColor3f (0.0, 1.0, 1.0);
- glVertex2f (0.0, -5.0);
- glColor3f (1.0, 1.0, 0.0);
- glVertex2f (-2.0, -1.0);
- glEnd ();
- glutSwapBuffers ();
- }
- int main (int argc, char** argv) {
- glutInit (&argc, argv);
- glutInitDisplayMode (GLUT_DOUBLE | GLUT_RGB);
- glutInitWindowPosition (0, 0);
- glutInitWindowSize (1500, 1500);
- glutCreateWindow ("bangun dasar grafik");
- init ();
- glutDisplayFunc (Display);
- glutMainLoop ();
- return 0;
- }
b. Lalu jalankan Project dengan cara Execute>Compile & Run, maka hasilnya akan menjadi seperti ini :
4. Empat gambar ketupat.
a. Lakukan sama dengan cara diatas lalu masukkan script berikut :
- #include <GL/glut.h>
- #include <windows.h>
- #include <GL/gl.h>
- void init (void) {
- glClearColor (1.0, 1.0, 1.0, 0.0);
- glLineWidth (1.0);
- glColor3f (1.0, 0.0, 0.0);
- glOrtho (-6,6, -6,6, -6,6);
- }
- void Display (void) {
- glClear (GL_COLOR_BUFFER_BIT);
- glBegin (GL_LINES);
- glVertex2f (-5.5, 0.0);
- glColor3f (1.0, 0.0, 0.0);
- glVertex2f (5.5, 0.0);
- glEnd ();
- glBegin (GL_LINES);
- glVertex2f (0.0, -5.5);
- glColor3f (1.0, 0.0, 0.0);
- glVertex2f (0.0, 5.5);
- glEnd ();
- glBegin (GL_POLYGON);
- glColor3f (0.0, 1.0, 0.0);
- glVertex2f (2.0, 1.0);
- glColor3f (0.0, 0.0, 1.0);
- glVertex2f (1.0, 3.0);
- glColor3f (1.0, 0.0, 0.0);
- glVertex2f (2.0, 5.0);
- glColor3f (0.0, 0.0, 1.0);
- glVertex2f (3.0, 3.0);
- glEnd ();
- glBegin (GL_POLYGON);
- glColor3f (0.0, 1.0, 0.0);
- glVertex2f (-2.0, -1.0);
- glColor3f (0.0, 0.0, 1.0);
- glVertex2f (-3.0, -3.0);
- glColor3f (1.0, 0.0, 0.0);
- glVertex2f (-2.0, -5.0);
- glColor3f (0.0, 0.0, 1.0);
- glVertex2f (-1.0, -3.0);
- glEnd ();
- glBegin (GL_POLYGON);
- glColor3f (1.0, 1.0, 0.0);
- glVertex2f (2.0, -1.0);
- glColor3f (1.0, 0.43, 0.78);
- glVertex2f (1.0, -3.0);
- glColor3f (0.0, 1.0, 1.0);
- glVertex2f (2.0, -5.0);
- glColor3f (1.0, 0.43, 0.78);
- glVertex2f (3.0, -3.0);
- glEnd ();
- glBegin (GL_POLYGON);
- glColor3f (0.0, 1.0, 1.0);
- glVertex2f (-2.0, 5.0);
- glColor3f (1.0, 0.43, 0.78);
- glVertex2f (-3.0, 3.0);
- glColor3f (1.0, 1.0, 0.0);
- glVertex2f (-2.0, 1.0);
- glColor3f (1.0, 0.43, 0.78);
- glVertex2f (-1.0, 3.0);
- glEnd ();
- glutSwapBuffers ();
- }
- int main (int argc, char** argv) {
- glutInit (&argc, argv);
- glutInitDisplayMode (GLUT_DOUBLE | GLUT_RGB);
- glutInitWindowPosition (0, 0);
- glutInitWindowSize (1500, 1500);
- glutCreateWindow ("bangun dasar grafik");
- init ();
- glutDisplayFunc (Display);
- glutMainLoop ();
- return 0;
- }
b. Lalu jalankan Project dengan cara Execute>Compile & Run, maka hasilnya akan menjadi seperti ini :
5. Empat gambar segitiga.
a. Lakukan sama dengan cara diatas lalu masukkan script berikut :- #include <GL/glut.h>
- #include <windows.h>
- #include <GL/gl.h>
- void init (void) {
- glClearColor (1.0, 1.0, 1.0, 0.0);
- glLineWidth (1.0);
- glColor3f (1.0, 0.0, 0.0);
- glOrtho (-6,6, -6,6, -6,6);
- }
- void Display (void) {
- glClear (GL_COLOR_BUFFER_BIT);
- glBegin (GL_LINES);
- glVertex2f (-5.5, 0.0);
- glColor3f (1.0, 0.0, 0.0);
- glVertex2f (5.5, 0.0);
- glEnd ();
- glBegin (GL_LINES);
- glVertex2f (0.0, -5.5);
- glColor3f (1.0, 0.0, 0.0);
- glVertex2f (0.0, 5.5);
- glEnd ();
- glBegin (GL_TRIANGLES);
- glColor3f (1.0, 0.0, 0.0);
- glVertex2f (1.0, 1.0);
- glColor3f (0.0, 0.0, 1.0);
- glVertex2f (3.0, 1.0);
- glColor3f (0.0, 1.0, 0.0);
- glVertex2f (2.0, 4.0);
- glEnd ();
- glBegin (GL_TRIANGLES);
- glColor3f (0.0, 1.0, 0.0);
- glVertex2f (-2.0, -1.0);
- glColor3f (1.0, 0.0, 0.0);
- glVertex2f (-3.0, -4.0);
- glColor3f (0.0, 0.0, 1.0);
- glVertex2f (-1.0, -4.0);
- glEnd ();
- glBegin (GL_TRIANGLES);
- glColor3f (1.0, 1.0, 0.0);
- glVertex2f (1.0, -1.0);
- glColor3f (0.0, 1.0, 1.0);
- glVertex2f (2.0, -4.0);
- glColor3f (1.0, 0.43, 0.78);
- glVertex2f (3.0, -1.0);
- glEnd ();
- glBegin (GL_TRIANGLES);
- glColor3f (1.0, 0.43, 0.78);
- glVertex2f (-1.0, 4.0);
- glColor3f (1.0, 1.0, 0.0);
- glVertex2f (-3.0, 4.0);
- glColor3f (0.0, 1.0, 1.0);
- glVertex2f (-2.0, 1.0);
- glEnd ();
- glutSwapBuffers ();
- }
- int main (int argc, char** argv) {
- glutInit (&argc, argv);
- glutInitDisplayMode (GLUT_DOUBLE | GLUT_RGB);
- glutInitWindowPosition (0, 0);
- glutInitWindowSize (1500, 1500);
- glutCreateWindow ("bangun dasar grafik");
- init ();
- glutDisplayFunc (Display);
- glutMainLoop ();
- return 0;
- }
b. Lalu jalankan Project dengan cara Execute>Compile & Run, maka hasilnya akan menjadi seperti ini :
SEKIAN DAN TERIMAH KASIH
- Dapatkan link
- X
- Aplikasi Lainnya
Komentar
Posting Komentar